Iklan

test

Jumat, 11 Januari 2013

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan


 Pernah minum bandrek ? Atau wedang jahe ? Nah, kalau udah, bahannya terbuat dari Jahe salah satunya. Tau gak sih, kalau Jahe adalah tanaman rempah dan obat yang sudah lama dikenal oleh orang-orang. Pemanfaatannya tidak sebatas hanya pada bumbu makanan atau obat tradisional tertentu, jahe adalah salah satu jenis rempah yang banyak diperdagangkan sebagai bahan industri obat-obatan, kosmetik, minuman, makanan ringan dan tentu saja menjadi salah satu kebutuhan dapur.

Menurut data dari Bagian Riset dan Pengembangan PT Siodmuncul, jahe mengandung satu sampai empat persen minya atsiri dan oleoresin. Komposisi minyak yang terkandung bervariari tergantung kondisi geografi dimana jahe ditanam. Kandungan/ekstrak yang kaya menbuat jahe menjadi alternatif untuk peluruh dahak atau obat batuk, peluruh keringat, peluruh angin perut, diare, dan pencegah mual.
Nah, untuk lebih jelas, kami akan membagikan beberapa khasiat jahe sebagai obat. Berikut kami juga memberikan resep cara meramu jahe untuk mendapatkan manfaat penyembuhan atas berbagai keluhan yang dapat ditangani dengan jahe.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Jahe Sembuhkan Rematik

Penelitian di Jerman membuktikan bahwa pemberian jahe pada pasien rematik dan gangguan muskuloskleletal sangat bermanfaat dalam menghilangkan nyeri dan gejala yang berhubungan dengan rematik. Beberapa pengujian telah memberikan hasil yang baik dengan menghilangnya rasa nyeri, sakit serta peradangan/pembengkakan. Dan, tahukan anda bahwa pada percobaan in vitro, jahe yang berasal dari Indonesia ternyata mengandung bahan antirhinovirus yaitu beta-sesquiphelandrone.

Resep ramuan : Siapkan satu atau dua ruas rimpang jahe. panaskan rimpang tersebut diatas api atau bara lantas tumbuk. tempelkan atau kompres tumbukan jahe pada daerah yang sakit karena rematik.

Jahe Mengobati Masuk Angin

Resep ramuan : Ambillah jahe yang tua sebesar ibu jari, bersihkan dari kotoran, kemudian memarkan atau lakukan dengan memarut, langkah berikutnya direbus dengan dua gelas air, tambahkan gula jawa atau gula aren secukupnya. kemudian rebus hingga mendidih kurang lebih 1/4 jam. setelah agak dingin saring serta minum selagi hangat-hangat kuku, maka air jahe akan memberi efek hangat dan meringankan masuk angin.

Jahe bermanfaat sebagai pereda flu, pilek dan sakit kepala. 

Resep ramuan : Ambil jahe segar (500 gr). Jahe segar ini kemudian diiris dan direbus dalam air panas selama 20 menit, lalu tambahkan gula merah (100 gr), kemudian minum 4 hingga 5 kali sehari. Banyak orang telah menggunakan resep ini dan sembuh dari flu dan pilek. merebus jahe dengan air mendidih untuk membuat teh jahe. Dalam penyajiannya ditambahkan madu, irisan buah jeruk atau lemon. Bisa juga untuk membuat permen. Atau juga bisa dengan merendam kaki sampai pergelangan dalam air jahe panas. Tambahkan garam dan cuka serta tambahkan air hangat secara bertahap terus menerus. Rendam sampai kaki berubah menjadi merah, metode ini sanagat baik untuk menghilangkan sakit kepala dan batuk.

Jahe Mengobati Sakit Kepala Atau Migrain ( sakit kepala sebelah )

Resep ramuan : Ambillah jahe seibu jari dan bersihkan dari kotoran, bakar jahe lantas memarkan. seduh dengan segelas air serta beri sedikit gula jawa atau gula aren. minum minum ramuan ini tiga kali 1 hari.

Jahe Bermanfaat Atasi Mabuk Kendaraan

Resep ramuan : Ambil jahe seibu jari, bersihkan serta iris tipis-tipis, lantas rebus dengan segelas air. diminum hangat-hangat 30 menit sebelum saat melakukan perjalanan atau saat mau naik kendaraan.

Jahe bermanfaat sembuhkan Terkilir, Keseleo,Kram

Resep ramuan : ambillah jahe kurang lebih dua ruas. bersihkan bersih lantas parut, tambahkan sedikit garam. oleskan ramuan ini pada bagian tubuh yang Terkilir, Keseleo atau Kram. kerjakan 2 x 1 hari.

Jahe Mengobati Nyeri Pinggang dan Punggung.

Resep ramuan : Ambil jahe secukupnya lalu panaskan, tambahkan sedikit garam dan cuka ke dalam air jahe hangat. Rendamlah handuk dengan air ini. Kemudian bilas dan tempel pada tempat yang terasa sakit. Ulangi beberapa kali. Semoga dapat melemaskan otot dan membantu sirkulasi darah sehingga mengurangi rasa sakit.

Jahe bermanfaat hilangkan Bercak putih pada kulit dikarenakan kehilangan pigmen ( vitiligo )

Cara meramu : ambillah 30 gr jahe, bersihkan dari kotoran lantas jahe yang telah bersih di jadikan jus (  blender ). kemudian oleskan jus pada kulit yang menderita vitiligo tersebut.
Jahe bermanfaat mengusir serangan cacing gelang (cacingan )

Resep ramuan : ambillah 60 gr jahe fresh lantas bersihkan bersih. lumatkan, campur dengan segelas air. saring serta beri atau tambahkan madu asli satu sendok makan. minum ramuan ini tiga kali 1 hari.


Sumber : Dari berbagai sumber dengan bebarapa tambahan dan pengurangan
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih buat pembaca, mudah-mudahan apa yang anda baca ada manfaatnya. Dengan senang hati, jika anda berkomentar pada tempat yang disediakan dengan bahasa yang santun..