Siroh : Abu Ayyub Al-Anshori


Anda tentu sebagaian ada yang kenal dengan pahlawan Islam satu ini. Ia dikenang sebaga“Pejuang di waktu senang atau pun susah”.Rasulullah saw. memasuki kota Madinah, dan dengan demikian berarti beliau telah mengakhiri perjalanan hijrahnya dengan gemilang, dan memulai hari-harinya yang penuh berkah di kampung hijrah, untuk mendapatkan apa yang telah disediakan qadar Ilahi baginya, yakni sesuatu yang tidak disediakannya bagi manusia-manusia lainnya. Dengan mengendarai untanya Rasulullah saw. berjalan di tengah-tengah barisan manusia yang penuh sesak, dengan luapan semangat dari kalbu yang penuh cinta dan rindu, berdesak-desakan berebut memegang kekang untanya, karena masing-masingnya menginginkan  untuk  menerima  Rasulullah saw. sebagai tamunya.
Nabi saw. mula-mula sampai ke perkampungan Bani Salim bin Auf, mereka mencegat jalan unta sembari berkata, “Wahai Rasulullah saw. Allah tinggallah Anda pada kami, bilangan kami banyak, persediaan cukup, serta keamanan terjamin.” Tawaran mereka dijawab oleh Rasulullah saw., “Biarkanlah, jangan halangi jalannya Qaswa (onta Rasulullah saw), karena ia hanyalah melaksanahan perintah.
Kendaraan Nabi saw. terus melewati perumahan Bani Bayadhah, lain ke kampung Bani Sa’idah, terus ke kampung Bani Harits ibnul Khazraj, kemudian sampai di kampung Bani Adi bin Najjar . Setiap suku atau kabilah itu mencoba mencegat jalan unta Nabi, dan tak henti-hentinya meminta dengan gigih agar Nabi saw.  sudi membahagiakan mereka dengan menetap di kampung mereka. Sedang Nabi menjawab tawaran mereka sambil tersenyum syukur di bibirnya ujarnya, “Lapangkan jalannya, harena ia diperintah.
Nabi saw. sebenamya telah menyerahkan memilih tempat tinggalnya kepada qadar Ilahi, karena dari tempat inilah kelak kemasyhuran dan kebesarannya . Di atas tanahnya bakal muncul suatu masjid yang akan memancarkan kalimat-kalimat Allah dan nur-Nya ke seantero dunia . Dan di sampingnya akan berdiri satu atau beberapa bilik dari tanah dan bata kasar, tidak terdapat di sana harta kemewahan dunia selain barang-barang bersahaja dan seadanya.
Tempat ini akan dihuni oleh seorang Mahaguru, Rasulullah saw. yang akan meniupkan ruh kebangkitan pada kehidupan yang sudah padam, dan yang akan memberikan kemuliaan dan keselamatan bagi mereka yang berkata, “Tuhan kami ialah Allah”, kemudian mereka tetap di atas pendirian bagi mereka yang beriman dan tidak mencampurkan keimanan itu dengan keaniayaan,bagi mereka yang mengikhlaskan Agama mereka semata-mata untuk Allah swt. dan bagi mereka yang berbuat kebaikan di muka bumi dan tidak berbuat binasa.
Benarlah, Rasulullah saw. saw. telah menyerahkan sepenuhnya pemilihan ini kepada qadar Ilahi yang akan memimpin langkah perjuangannya kelak. Oleh karena inilah beliau membiarkan saja tali  kekang  untanya terlepas  bebas,  tidak  ditepuknya kuduk unta itu tidak pula dihentikan langkahnya hanya dihadapkan hatinya kepada Allah, serta diserahkan dirinya kepada-Nya dengan berdo’a,
“Ya Allah, tunjukkan tempat tinggalku, pilihhanlah untukhu.
Di depan rumah Bani Malik bin Najjar unta itu bersimpuh kemudian ia bangkit dan berkeliling di tempat itu, lain pergi ke tempat ia bersimpuh tadi dan kembali bersimpuh lalu tetap dan tidak beranjak dari tempatnya. Maka turunlah Rasulullah saw. dari atasnya dengan penuh harapan dan kegembiraan. Salah seorang Muslimin tampil dengan wajah berseri-seri karena sukacitanya ia maju lalu membawa barang muatan dan memasukkannya ke rumahnya kemudian mempersilakan Rasulullah saw. masuk. Rasulullah saw. pun mengikutinya dengan diliputi oleh hikmat dan berkat.
Maka tahukah Anda siapa orang yang berbahagia ini, yang telah dipilih taqdir bahwa unta Nabi akan berlutut di muka rumahnya, hingga Rasulullah saw. menjadi tamunya, dan semua penduduk Madinah akan sama merasa iri atas nasib mujurnya. Nah, dia adalah pahlawan yang jadi pembicaraan kita sekarang ini, Abu Ayub al-Anshari Khalid bin Zaid, cucu Malik bin Najjar.
Pertemuan ini bukanlah pertemuan yang pertamanya dengan Rasulullah saw. Sebelum ini, yakni sewaktu perutusan Madinah pergi ke Mekah untuk mengangkat sumpah setia atau bai’at, yaitu bai’at yang diberkati dan terkenal dengan nama “Bai’at Aqabah kedua”, Abu Ayub al-Anshari termasuk di antara tujuh puluh orang Mu’min yang mengulurkan tangan kanan mereka ke tangan kanan Rasulullah saw. serta menjabatnya dengan kuat, berjanji setia dan siap menjadi pembela.
Dan sekarang ketika Rasululah saw. sudah bermukim di Madinah dan menjadikan kota itu sebagai pusat bagi Agama Allah, maka nasib  mujur yang sebesar-besamya telah  melimpah kepada Abu Ayub al-Anshari, karena rumahnya telah dijadikan rumah pertama yang didiami muhajir agung, Rasulullah saw. yang mulia.
Rasulullah saw. telah memilih untuk menempati ruangan rumahnya tingkat pertama. Tetapi begitu Abu Ayub al-Anshari naik ke kamarnya di tingkat atas ia pun jadi menggigil, dan ia tak kuasa membayangkan dirinya akan tidur atau berdiri di suatu tempat yang lebih tinggi  dari tempat berdiri dan tidurnya Rasulullah saw. Abu Ayub al-Anshari lalu mendesak Nabi dengan gigih dan mengharapkan beliau agar pindah ke tingkat atas, hingga Nabi saw. pun memperkenankannya pengharapannya itu .
Nabi saw. akan berdiam di sana sampai selesai pembangunan masjid dan pembangunan biliknya di sampingnya. Dan semenjak orang-orang Quraisy bermaksud jahat terhadap Islam dan berencana menyerang tempat hijrahnya di Madinah, menghasut kabilah-kabilah lain serta mengerahkan tentaranya untuk memadamkan nur Ilahi semenjak itulah Abu Ayub al-Anshari mengalihkan aktifitasnya kepada berjihad pada jalan Allah. Maka dimulainya dengan perang Badar, lalu Uhud dan Khandaq, pendeknya di semua medan tempur dan medan laga, Abu Ayub al-Anshari tampil sebagai pahlawan yang sedia mengurbankan nyawa dan harta bendanya untukAllah Rabul ‘alamin .
Bahkan sesudah Rasulullah saw. wafat pun, tak pernah ia ketinggalan menyertai pertempuran yang diwajibkan atas Muslimin sekalipun jauh jaraknya yang akan ditempuh dan berat medan yang akan dihadapi. Semboyan yang selalu diulang-ulangnya, baik malam ataupun siang dengan suara keras ataupun perlahan adalah firman Allah Ta’ala, “Berjuanglah kalian, baik di waktu lapang, maupun di waktu sempit.” (Q·S.At-Taubat, 41)
Satu kali saja Abu Ayub al-Anshari absen tidak menyertai balatentara Islam, karena sebagai komandannya khalifah mengangkat salah seorang dari pemuda Muslimin, sedang Abu Ayub al-Anshari tidak puas dengan kepemimpinannya. Hanya sekali saja, tidak lebih. Sekalipun demikian, bukan main menyesalnya atas sikapnya yang selalu menggoncangkan jiwanya itu, katanya, “Tak jadi soal lagi bagiku, siapa orang yang akan jadi atasanku.”
Kemudian tak pernah lagi ia ketinggalan dalam peperangan. Keinginannya hanyalah untuk hidup sebagai prajurit dalam tentara Islam, berperang di bawah benderanya dan membela kehormatannya. Sewaktu terjadi pertikaian antara Ali dan Mu’awiyah, ia berdiri di pihak Ali tanpa ragu-ragu, karena ialah Imam yang telah dibai’at oleh Kaum Muslimin. Dan tatkala Ali syahid karena dibunuh, dan khilafah berpindah kepada Mu’awiyah.
Abu Ayub al-Anshari menyendiri dalam kezuhudan, bertawakkal lagi bertaqwa. Tak ada yang diharapkannya dari dunia hanyalah tersedianya suatu tempat yang lowong untuk berjuang dalam barisan para pejuang. Demikianlah, sewaktu diketahuinya bala tentara Islam bergerak ke arah Konstantinopel, segeralah Abu Ayub al-Anshari memegang kuda dengan membawa pedangnya, terus maju mencari syahid yang sudah lama didambakan dan dirindukannya.
Dalam pertempuran inilah Abu Ayub al-Anshari ditimpa luka berat. Ketika komandannya pergi menjenguknya, nafasnya sedang berlomba dengan keinginannya hendak menemui Allah . Maka bertanyalah panglima pasukan yang waktu itu Yazid bin Mu’awiyah, “Apa keinginan Anda, wahai Abu Ayub al-Anshari?”
Aneh, adakah di antara kita yang dapat membayangkan atau mengkhayalkan apa keinginan Abu Aiyub itu? Tidak sama sekali! Keinginannya sewaktu nyawa hendak berpindah dari tubuhnya ialah sesuatu yang sukar atau hampir tak kuasa manusia membayangkan atau mengkhayalkannya. Sungguh, Abu Ayub al-Anshari telah meminta kepada Yazid, bila ia telah meninggal, agar jasadnya dibawa dengan kudanya sejauh-jauh jarak yang dapat ditempuh ke arah musuh, dan di sanalah ia akan dikebumikan.
Kemudian hendaklah Yazid berangkat dengan balatentaranya sepanjang jalan itu, hingga terdengar olehnya bunyi telapak kuda Muslimin di atas kuburnya dan diketahuinyalah bahwa mereka telah berhasil mencapai kemenangan dan keuntungan yang mereka cari.  Apakah Anda kira ini hanya lamunan belaka? Tidak, dan ini bukan khayalan, tetapi kejadian nyata, kebenaran yang akan disaksikan dunia di suatu hari kelak, di mana ia menajamkan pandangan dan memasang telinganya, hampir-hampir tak percaya terhadap apa yang didengar dan dilihatnya.
Dan sungguh, wasiat Abu Ayub al-Anshari itu telah dilaksanakan oleh Yazid. Di jantung kota Konstantinopel yang sekarang bernama Istanbul, di sanalah terdapat pandam pekuburan laki-laki besar besar itu.
Hingga sebelum tempat itu dikuasai oleh orang-orang Islam, orang-orang  Romawi  penduduk  Konstantinopel  memandang Abu Ayub al-Anshari di makamnya itu sebagai orang kudus suci. Dan Anda akan tercengang jika mendapati semua ahli sejarah yang mencatat peristiwa-peristiwa itu berkata, “Orang-orang Romawi sering mengunjungi dan berziarah ke kuburnya dan meminta hujan dengan perantaraannya, bila mereka mengalami kekeringan.”
Sekalipun perang dan pertempuran memenuhi kehidupannya, hingga tak pernah membiarkan pedangnya terletak beristirahat, namun corak kehidupannya adalah tenang tenteram laksana desiran bayu di kala fajar datang menjelma . Sebabnya Abu Ayub al-Anshari pernah mendengar ucapan Rasulullah saw. yang terpateri dalam hatinya,
“Bila engkau shalat, maka shalatlah seolah-olah yang terakhir atau hendak berpisah. Jangan sekali-kali mengucaphan kata-kata yang menyebabhan engkau harus meminta maaf. Lenyapkan harapan terhadap apa yang berada di tangan orang lain.
Dan oleh karena itulah tak pernah lidahnya terlibat dalam suatu fitnah dan dirinya tidak terjerembab dalam kerakusan. Abu Ayub al-Anshari telah menghabiskan hidupnya dalam kerinduan ahli ibadah dan ketahanan orang yang hendak berpisah. Maka sewaktu ajalnya datang tak ada keinginannya di sepanjang dan selebar dunia kecuali cita-cita yang melambangkan kepahlawanan dan kebesarannya selagi hidupnya, “Bawalah jasadku jauh-jauh jauh masuk ke tanah Romawi, kemudian kuburkan aku di sana.”
Abu Ayub al-Anshari yakin sepenuhnya akan kemenangan, dan dengan mata hatinya dilihatnya bahwa wilayah ini telah termasuk dalam taman impian Islam, dalam lingkungan cahaya dan sinarnya. Karena itulah ia menginginkannya sebagai tempat istirahatnya yang terakhir, yakni di ibukota negara itu, di mana akan terjadi pertempuran yang menentukan, dan dari bawah tanahnya yang subur, ia akan dapat mengikuti gerakan tentara Islam, mendengar kepakan benderanya, dan bunyi telapak kudanya serta gemerincing pedang-pedangnya
Sekarang ini Abu Ayub al-Anshari masih terkubur di sana . Tetapi tidak lagi mendengar gemerincing pedang, atau ringkikan kuda. Keadaan telah berlalu, dan kapal telah berlabuh di tempat yang dituju, sejak waktu yang lama. Tetapi setiap hari, dari pagi hingga petang didengarnya suara adzan yang berkumandang dari menara-menaranya yang menjulang di angkasa, bunyinya, “Allah Maha Besar. Allah Maha Besar.”
Dan dengan rasa bangga, di dalam kampungnya yang kekal dan di mahligai kejayaannya ia menyahut, “Inilah apa yang telah dijanjikan Allah dan Rasul-Nya .Dan benarlah Allah dan Rasul-Nya.”



1 Komentar

Terima kasih telah membaca, mudah-mudahan apa yang anda baca ada manfaatnya. Dengan senang hati, jika anda berkomentar pada tempat yang disediakan dengan bahasa yang santun..

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca, mudah-mudahan apa yang anda baca ada manfaatnya. Dengan senang hati, jika anda berkomentar pada tempat yang disediakan dengan bahasa yang santun..

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama