3 Tipe Belajar


Bingung ya....

Teman-teman, apa anda sering mengalami kesulitan belajar ? Susah menghafal sesuatu ? Atau mungkin anda senang dengan melihat banyak gambar berwarna dari pada mendengar. Atau, lebih senang bermain-main sambil mengingat dan juga menyanyi ? 

Nah, Banyak orang berpikir jika anak dileskan maka anak tersebut akan cepat pintar dan mendapat hasil yang memuaskan. Hal itu tidak salah, tetapi bisa tidak efektif jika anak tersebut tidak cocok dengan sistem les private atau les di bimbingan belajar. Setiap anak tidak bisa menggunakan sistem belajar yang sama.

Untuk bisa belajar efektif setiap orang perlu mengetahui apa arti belajar sesungguhnya. Belajar adalah sebuah tindakan aktif untuk memahami dan mengalami sesuatu. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Jadi, proses belajar terjadi jika anak merespon stimulus (rangsangan) yang diberikan guru. Jika hal itu belum terjadi maka sang anak belum bisa dikatakan belajar.


Tipe Belajar
Cara efektif dapat dilakukan jika kita mengetahui apa tipe belajarnya. Nah, menurut para ilmuwan dan dari berbagai buku, ternyata tipe belajar secara umum ada 3, yaitu:
  • Tipe Belajar Visual
  • Tipe Belajar Auditori
  • Tipe Belajar Kinestetik
Tipe Belajar Visual adalah Mereka dengan tipe ini lebih menyukai belajar ataupun menerima informasi dengan melihat atau membaca. Bila berkomentar demikian; Hal itu bisa saya lihat sekarang. Saya ingin mengetahui gambaran detailnya. Kelihatannya perbuatan orang itu benar. Saya bisa membayangkan betapa menderitanya anda. Saya harus menyusun dulu skema kerjanya. Atau belajar terasa menyenangkan dengan bantuan gambar visul.

belajar menyenangkan
Tipe Belajar Auditori adalah Seorang yang memiliki tipe auditori lebih senang belajar atau menerima informasi dengan mendengarkannya secara langsung atau secara lisan. Biasanya perkataannya; Perkataan orang itu kedengarannya benar. Saya dengar apa yang kamu bilang. Dengarkan saya dulu. Saya dengar anda tidak senang atas perlakuan orang itu. Atau belajar terasa nyaman dengan mendengarkan musik.

Tipe belajar Kinestetik adalah Seorang anak yang memiliki tipe belajar Kinestetik sangat senang jika belajar sambil menggerakan/ menyentuh sesuatu, entah pulpen yang digoyang-goyangkan, kursi tempat duduknya, maupun belajar sambil berjalan atau menggerak-gerakan tubuhnya sendiri. Biasanya kata-katanya; Rasanya hal itu ada benarnya. Saya kesulitan menangani masalah itu. Coba beri saya contoh konkritnya. Saya masih belum menemukan kepastian. Sepertinya kata-kata orang itu bisa saya pegang. Dapat juga tatkala kita belajar terasa nyaman saat kita ikut melakuannya langsung.

Dapat pula kita mengetahui sesungguhnya kita ini memiliki temperamen bagaimana ? Nah dengan mengetahui temperamen kita maka kita bisa mengetahui tipe atau gaya belajar kita.



Terima kasih telah membaca, mudah-mudahan apa yang anda baca ada manfaatnya. Dengan senang hati, jika anda berkomentar pada tempat yang disediakan dengan bahasa yang santun..

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca, mudah-mudahan apa yang anda baca ada manfaatnya. Dengan senang hati, jika anda berkomentar pada tempat yang disediakan dengan bahasa yang santun..

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama